Minggu, 20 November 2011

Langkah Jitu Jualan Online Nge-Tren di Tahun 2012

Jualan online? Bukan hal baru lagi tentunya. Apalagi kalau kamu sering buka Facebook, berbagai jenis iklan produk terpampang di wall kamu, baik yang asalnya dari temen atau bahkan dari jaringan temen yang tidak kamu kenal.

Tidak perlu pusing lagi, karena aq si mazTO akan berbagi cara-cara di bawah ini yang mungkin bisa memberikanmu pencerahan untuk membuat angka penjualan dilapakmu naik di bulan berikutnya.


Tempat lapak

Yah menurutku tempat menaruh lapak kita tu termasuk penting dalam urusan olshop, kita sebagai penjual harus pintar-pintar memilih tempat menaruh lapak kita. Yup inilah beberapa situs / tempat yang lumayan enak tuk naruh lapak:


Jejaring Sosial

Menurutku beberapa waktu mendatang jejaring sosial seperti Facebook, masih akan tetap ngetren di tahun 2012, tidak menutupi kemungkinan sih akan lahir Facebook-Facebook lainnya yang siap menjadi wadah lapakmu. Jadi tidak ada salah’nya menaruh lapak kita di situs2 jejaring social.


Forum

Di Indonesia, Kaskus masih tetap menjadi Forum Jual Beli yang terus ramai dipadati oleh para penjual dan pembeli. Pembeli yang puas pasti memberikan nilai plus bagi para penjual yang sudah melayani pembeli dengan baik, dan pembeli pasti akan memberi cendol. Cendol yang banyak, akan membuat para calon pembeli datang dengan sendirinya.


Mobile Site

Indonesia adalah salah satu negara terbesar sebagai konsumen ponsel. Tak jarang satu orang bisa memiliki beberapa ponsel berbeda merk sekaligus. Kepopuleran internet pun diusung pula dengan keberadaan berbagai jenis Ponsel Online. Nah, kalau ingin membuat toko online yang ramai, maka bersiap-siaplah membangun toko online versi mobile, sehingga dengan mudahnya bisa diakses menggunakan ponsel.


Location Based Service (LBS)

LBS tu website yang bisa mengakses keberadaan kita saat ini, kota dimana kita tinggal, tempat yang sedang kita kunjungi dan mengubah statusmu di Facebook menjadi Checked In di lokasimu berada saat ini.

kamu bisa menawarkan promo – promo di tokomu ketika si calon pelanggan berada dekat dengan tokomu dan bisa menariknya agar mampir ke tokomu melalui promo penawaran khusus. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaannya saat itu.


User friendly

Website toko online yang sederhana tampilannya dan website toko online akan makin mudah digunakan oleh para calon konsumen. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.


Visualisasi yang menarik

Masih terkait dengan poin B, visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat cuci mata para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.


Resolusi

Banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi website 1024×768. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksa melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman.

Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.


Maksimalkan AJAX, Minimalkan Flash

Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Website tanpa flash pun masih bisa unjuk gigi dengan animasi-animasi yang dihasilkan AJAX. Kenyamanan yang diberikan ini tentu saja buat para netter yang browser-nya tidak diinstall flash. Tentu saja animasi yang ditampilkan tidak kalah cantiknya. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko online Anda.


Tipografi

Satu lagi poin yang sangat penting dari sebuah website toko online, yaitu huruf. Kelihatannya sangat sederhana, tapi huruf tak bisa dipandang remeh. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna. Seperti yang guru TIK saya yaitu pak Agus Cahyono bilang :jangan pake huruf yang berekor karena pengunjing bias ga nyaman sama website kalian.” Yupz kata2 itu masih terus terkenang di kepala saya :D.


Search Engine Optimization (SEO)

Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.


Harga

Poin ini yang paling utama, baik penjualan secara fisik maupun online, harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan calon konsumen. Survei harga online secara berkala bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.


Saya pikir cukup sampai disini saja tips dari mazTO….


Gomennasai bila terlalu panjang dan ga efisien,


Temikasih udah mau membaca arigatou gozaimasu,


Tunggu tips selanjut”nya ya  :D


Referensi & Inpirasi:

-google
 
-olshop kenalanku

-and pak Agus Cahyono

0 komentar:

Posting Komentar

Google Search Engine

Loading
 
powered by Blogger | For Blogservices